Jumat, 05 Juni 2020

AMALAN CEPAT MENGAHAFAL AL-QURAN

_Hafalkan meski tak hafal-hafal. berlama-lama pada kebaikan itu lebih baik dari pada bermaksiat meski dengan waktu yang sedikit._ 
@Sellyna Saputri_


๐ŸŒบMenjadi penghafal Al-quran adalah dambaan bagi setiap orang islam. dapat mengulang bacaan, memurojaah di waktu petang menjadikan nikmat tersendiri bagi pelakunya.
tidak hanya sekedar mengingat ayat-ayat al-quran, seorang penghafal juga dapat mentadabburi isi dari setiap kandungan ayat nya. merekapun akan lebih menyibukan diri pada amalan-amalan yang dapat memperkuat daya ingatnya. lalu apa saja amalan pendukung untuk memperkuat hafalan Al-Quran?
Berikut ini amalan yang telah diajarkan oleh Nabi Shallallahu alaihi Wassalam kepada Sayyidina Ali radhiallahu anhu sebagaimana terdapat dalam beberapa riwayat hadits:
- Shalat empat rakaat pada malam Jum'at, baik akhir malam (paling utama) , pertengahan malam maupun permulaan malam.
- Setelah Fatihah pada rakaat pertama, membaca surat Yasin.
- Setelah Fatihah pada rakaat kedua, membaca surat ad-Dukhan.
- Setelah Fatihah pada rakaat ketiga, membaca surat Alif Lam Mim Tanzil/ as-Sajdah.
- Setelah Fatihah pada rakaat keempat, membaca surat al-Mulk.
- Setelah membaca tahiyyat/tasyahhud, perbanyaklah memuji Allah lalu bershalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wassalam dan para Nabi. Kemudian memohonkan ampun bagi seluruh kaum mukminin-mukminat, dan saudara-saudara seiman yang sudah tidak ada. Bacaan pujian, shalawat dan istighfar tersebut tidak termaktub secara khusus dalam riwayat hadits.
______________________________________________________
Kemudian anda bisa menggunakan bacaan berikut ini:
__________________________________________________

 ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู† ุนุฏุฏ ุฎู„ู‚ู‡ ูˆุฑุถุง ู†ูุณู‡ ูˆุฒู†ุฉ ุนุฑุดู‡ ูˆู…ุฏุงุฏ ูƒู„ู…ุงุชู‡. ุงู„ู„ู‡ู… ู„ุง ุฃุญุตูŠ ุซู†ุงุก ุนู„ูŠูƒ ุฃู†ุช ูƒู…ุง ุฃุซู†ูŠุช ุนู„ู‰ ู†ูุณูƒ. ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ุฃู…ูŠ ุงู„ู‡ุงุดู…ูŠ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ุงู„ุจุฑุฑุฉ ุงู„ูƒุฑุงู… ูˆุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆุงู„ู…ุฑุณู„ูŠู† ูˆุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ุงู„ู…ู‚ุฑุจูŠู†. ุฑุจู†ุง ุงุบูุฑ ู„ู†ุง ูˆู„ุฅุฎูˆุงู†ู†ุง ุงู„ุฐูŠู† ุณุจู‚ูˆู†ุง ุจุงู„ุฅูŠู…ุงู† ูˆู„ุง ุชุฌุนู„ ููŠ ู‚ู„ูˆุจู†ุง ุบู„ุง ู„ู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง، ุฑุจู†ุง ุฅู†ูƒ ุฑุกูˆู ุฑุญูŠู…. ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠ ูˆู„ุฌู…ูŠุน ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ูˆุงู„ู…ุคู…ู†ุงุช ูˆุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ู…ุณู„ู…ุงุช، ุฅู†ูƒ ุณู…ูŠุน ู…ุฌูŠุจ ุงู„ุฏุนูˆุงุช.
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dengan puji-pujian sebanyak makhluk-Nya, sebanyak ridha-Nya, seberat timbangan Arsy-Nya dan semahal kalimat-kalimat-Nya. Aku tidak sanggup menghitung pujian untuk-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri. Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami Muhammad, Nabi yang Ummi dari Bani Hasyim dan ke atas segenap keluarga serta para sahabatnya yang taat lagi mulia, juga kepada seluruh Nabi dan Rasul serta para malaikat yang dekat. Ya Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara seiman yang telah mendahului kami. Dan jangan Engkau jadikan dalam hati kami kedengkian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. Ya Allah, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan seluruh mukmin laki-laki dan perempuan, serta muslim laki-laki dan perempuan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Menerima doa.

Doa Setelah membaca pujian, shalawat dan istighfar tersebut, lalu membaca doa yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wassalam. kepada Sayyidina Ali radhiallahu anhu seperti di bawah ini, dengan redaksi yang termaktub dalam kitab ad-Durrul-Mantsรปr.

 ุงู„ู„ู‡ู… ุงุฑุญู…ู†ูŠ ุจุชุฑูƒ ุงู„ู…ุนุงุตูŠ ุฃุจุฏุง ู…ุง ุฃุจู‚ูŠุชู†ูŠ، ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ุฃู† ุฃุชูƒู„ู ู…ุง ู„ุง ูŠุนู†ูŠู†ูŠ، ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ุญุณู† ุงู„ู†ุธุฑ ููŠู…ุง ูŠุฑุถูŠูƒ ุนู†ูŠ، ุงู„ู„ู‡ู… ุจุฏูŠุน ุงู„ุณู…ูˆุงุช ูˆุงู„ุฃุฑุถ، ุฐุง ุงู„ุฌู„ุงู„ ูˆุงู„ุฅูƒุฑุงู… ูˆุงู„ุนุฒุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุชุฑุงู…، ุฃุณุฃู„ูƒ ูŠุง ุงู„ู„ู‡، ูŠุง ุฑุญู…ู†، ุจุฌู„ุงู„ูƒ ูˆู†ูˆุฑ ูˆุฌู‡ูƒ ุฃู† ุชู„ุฒู… ู‚ู„ุจูŠ ุญูุธ ูƒุชุงุจูƒ ูƒู…ุง ุนู„ู…ุชู†ูŠ، ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ุฃู† ุฃุชู„ูˆู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุญูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฑุถูŠูƒ ุนู†ูŠ. ุงู„ู„ู‡ู… ุจุฏูŠุน ุงู„ุณู…ูˆุงุช ูˆุงู„ุฃุฑุถ، ุฐุง ุงู„ุฌู„ุงู„ ูˆุงู„ุฅูƒุฑุงู… ูˆุงู„ุนุฒุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุชุฑุงู…، ุฃุณุฃู„ูƒ ูŠุง ุงู„ู„ู‡، ูŠุง ุฑุญู…ู†، ุจุฌู„ุงู„ูƒ ูˆู†ูˆุฑ ูˆุฌู‡ูƒ ุฃู† ุชู†ูˆุฑ ุจูƒุชุงุจูƒ ุจุตุฑูŠ، ูˆุฃู† ุชุทู„ู‚ ุจู‡ ู„ุณุงู†ูŠ، ูˆุฃู† ุชูุฑุฌ ุจู‡ ุนู† ู‚ู„ุจูŠ، ูˆุฃู† ุชุดุฑุญ ุจู‡ ุตุฏุฑูŠ، ูˆุฃู† ุชุบุณู„ ุจู‡ ุจุฏู†ูŠ، ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠุนูŠู†ู†ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚ ุบูŠุฑูƒ، ูˆู„ุง ูŠุคุชูŠู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุช، ูˆู„ุง ุญูˆู„ ูˆู„ุง ู‚ูˆุฉ ุฅู„ุง ุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนู„ูŠ ุงู„ุนุธูŠู….
Ya Allah, kasihanilah aku dengan meninggalkan maksiat selama Engkau mengekalkan aku dan kasihanilah aku dari menanggung sesuatu yang tidak berguna bagiku. Berilah aku rezeki berupa pandangan yang baik pada sesuatu di mana Engkau ridha kepadaku. Ya Allah, pencipta langit dan bumi, yang memiliki keagungan, kemuliaan, dan kejayaan yang tidak dapat dibayangkan. Aku memohon kepada Engkau, ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, dengan keagungan-Mu dan cahaya wajah-Mu, semoga Engkau menetapkan dalam hatiku hafalan terhadap kitab-Mu, sebagaimana Engkau telah mengajarkan kepadaku. Berilah aku rezeki untuk membacanya sesuai dengan yang Engkau sukai, ya Allah Pencipta langit dan bumi Yang mempunyai keagungan, kemuliaan, dan kejayaan yang tidak terbayangkan. Aku memohon kepada Engkau ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, dengan keagungan-Mu dan cahaya wajah-Mu, agar dengan kitab-Mu Engkau menyinari pandanganku dengannya. Engkau fasihkan lidahku dengannya. Engkau bukakan hatiku. Dan dengannya, Engkau lapangkan dadaku, serta dengannya pula Engkau bersihkan badanku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat menolongku kepada kebenaran kecuali Engkau. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Mahatinggi lagi Mahaagung.


Amalan tersebut sebaiknya dilakukan setiap malam Jum'at hingga tiga, lima atau tujuh kali. Bahkan boleh dilakukan lebih dari tujuh Jum'at. Keistimewaan Dalam hadits disebutkan bahwa setelah lima atau tujuh Jum’at kemudian, Ali radhiallahu anhu datang kepada Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. dan berkata, "Ya Rasulullah, dulu saya tidak bisa menghafal empat ayat atau semisalnya, dan jika membaca ulang hafalan itu, banyak yang terlupakan.Sekarang saya dapat menghafal empat puluh ayat atau semisalnya, dan jika saya membaca hafalan tersebut, seolah-olah Al-Qur’an dibukakan di depan saya. Dahulu jika saya mendengar hadits dibacakan, lalu saya mencoba mengulanginya, banyak yang terlupakan. Tetapi sekarang, jika saya mendengar hadits-hadits, lalu saya meriwayatkannya kepada orang lain, maka saya mampu melakukannya tanpa tertinggal satu huruf pun."

LALU,APA SARANA PENUNJANG UNTUK MENGHAFAL AL-QUR`AN?
setelah mengetahui salah satu amalan tadi, kalian juga penasaran kan tentang sarana apa saja yang dapat menjadi faktor penunjang dalam menghafal? berikut ane bocori tipsnya.

klik link dibawah ini !!
https://sellynablogbaru.blogspot.com/2020/06/sarana-penunjang-penghafal-al-quran.html

Penulis @Sellyna_saputri
(Penulis Redesain Your  Dreams,Ada Apa dengan PENGHAFAL AL-QUR`AN,etc)
___________________________________________________________________
(Sumber 1 : Menjadi Hafizh,Ahmad bin Salim Baduwailan
Sumber 2 : Kitab Fadhilah Amal bab Fadhilah Quran - Maulana Zakariya, rah.a)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA

 Share,read 5 menit! ๐ŸŒน *"WANITA TETAPLAH WANITA"*๐ŸŒน ................................... Sekuat apapun dan secerdas apapun wanita,...