Jumat, 05 Juni 2020

SARANA PENUNJANG PENGHAFAL AL-QUR`AN?

LALU,APA SARANA PENUNJANG UNTUK MENGHAFAL AL-QUR`AN?
setelah mengetahui salah satu amalan tadi, kalian juga penasaran kan tentang sarana apa saja yang dapat menjadi faktor penunjang dalam menghafal? berikut ane bocori tipsnya. :))





1.IKLAS 
Iklas merupakan salah satu asas diterimanya amal. sebab amal tanpa keiklasan akan berakibat buruk pada pelakunya.  Al-Khathib Al-Baghdadi memasukan keiklasan sebagai salah satu sarana penunjang hafaln. Beliau mengatakan ``Hendaknya tujuan seseorang dalam menuntut ilmu dalam menghafal adalah untuk mencari keridhaan Allah Subhanahu Wata`ala,serta sebagai upaya nasihat kaum muslimin dalam memberikan penjelasan dan keterangan.``


2.BERTEMAN DENGAN ORANG-ORANG SHALIH
Rasulullah ﷺ sangat menganjurkan kita untuk memilih teman yang shalih. sebab pengaruhnya sangat besar terhadap perilaku, gaya hidup,pemikiran, kesalihan dan juga keistiqomahan seseorang . bahkan akan berpengaruh sampai di akhirat nanti. Rasulullah ﷺ bersabda : ``Seseorang itu bergantung pada agama teman dekatnya,maka hendaknya salah seorang diantara kalian memperhatikan siapa yang akan dijadikan teman dekatnya .`` (HR.At-Tharmizdi,Abu Dawud, dan Ahmad)
3.MENJAUHI MAKSIAT
 Kita juga tentu ingat, bagaimana Imam Syafi’i, tokoh tersohor pencetus Mazhab Syafi’i, juga pernah mengeluhkan kepada sang guru, Imam Waki’, ihwal buruknya hafalan yang dia miliki. Sang Guru, menasehati muridnya tersebut agar meninggalkan maksiat. Kisah tersebut seperti yang dinukilkan dari bait syair yang melegenda itu:
Saya mengadu kepada Waki’ buruknya hafalanku
Dia memintaku meninggalkan maksiat
Dia juga memberitahuku bahwa ilmu ada cahaya
Dan cahaya Allah SWT tak akan datang untuk ahli maksiat  

4.TEKAD YANG TULUS DAN KEMAUAN YANG KUAT
Menghafal Al-Qur’an sangat besar pahalanya sehingga ini bukan perkara sepele. Dibutuhkan tekad, kesungguhan yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an. Harus kuat menghadapi berbagai cobaan selama menghafalnya. Bukankah Allah akan menguji kesungguhan seseorang apakah serius menghafalnya atau tidak? Firman Allah akan menguji manusia pada surah Al-Ankabut ayat dua sebagai berikut, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman,’ sedang mereka tidak diuji lagi?”.


5.MELAKUKANNYA SECARA BERTAHAP
Banyak kaum muslimin yang berangan-angan untuk mengkhatamkan Al-Qur`an. namun dia merasa bahwa hal itu tidak mudah baginya. padahal jika satu juzd membutuhkan waktu lima menit ,maka dia bisa menghatamkan Al-Qur`an dalam 150menit . dan apabila beranggapan tidak mungkin istiqomah dalam waktu 5 menit, maka bisa pula dicicil pads setiap sholat.
contoh , dalam satu juzd ada 10 lembar ,kecuali jusd 1 dan juzd 30.
maka untuk pemula 1 juz membutuhkan 20 menit. 
5menit x 5 waktu sholat = 25 menit ,maka setiap harinya dia bisa membaca 1 juz al quran dan akan khatam 12x dalam satu tahun jika diistiqomahkan.

6.MANAGEMENT WAKTU 
Betapa sering kalimat `SEMPIT WAKTU` terdengar berulang kali di telinga kita, seolah-olah pekerjaan kita terlalu padat untuk sekedar membaca Al-Qur`an. padahal pekerjaan yang kita lakukan tidak semata-mata dapat menolong kita di akhirat, dan bahkan TIDAK BERSYAFAAT .
tetapi, Al-Quran yang jelas dapat memberi syafaat justru terlalaikan begitu saja.
bahkan orang-orang pendahulu menjadi teladan utama dalam hal perhatian waktu dan penjagannya. Al-Hasan mengatakan ``Saya mendapati suatu kaum yang lebih menjaga waktunya daripada (penjagaan) kalian terhadap dirham dan dinar.``

7.BANYAK MENDENGAR AYAT-AYAT AL QUR`AN
Mendengarkan Al-Quran dan diam menyimaknya merupakan asbab yg dapat mendatangkan rahmat Allah Ta`ala.
وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ﴿الأعراف : ۲۰۴﴾
dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat. (QS. Al-A’raf: 204)
maka apabila seorang muslim menyimak Kalamullah dan mentadaburinya ,hal itu pasti akan meninggalkan kesan dan melembutkan hatinya. sehingga dalam menghafalkan pun akan semakin mudah . insyaAllah!.

Nah teman-teman... sekian yang dapat ane tuliskan, boleh share tanpa penambahkan dan pengurangan. semoga bermanfaat dan semangat dalam menghafal Al-Quran !!!

 #BOLEHSHARE


Penulis @Sellyna_saputri
(Penulis Redesain Your  Dreams,Ada Apa dengan PENGHAFAL AL-QUR`AN,etc)
___________________________________________________________________
(Sumber 1 : Menjadi Hafizh,Ahmad bin Salim Baduwailan
Sumber 2 : Kitab Fadhilah Amal bab Fadhilah Quran - Maulana Zakariya, rah.a)
 

1 komentar:

  1. Untuk kalian yg mau berteman dan memberikan saran ke @Sellyna_saputri

    BalasHapus

WANITA

 Share,read 5 menit! 🌹 *"WANITA TETAPLAH WANITA"*🌹 ................................... Sekuat apapun dan secerdas apapun wanita,...