Jumat, 20 November 2020

"ORANG PALING SANTAI"

 *"SAYA INI ORANG PALING SANTAI"*

_🔑Oleh : Selly Nurwahidah_

.

.

Ada cerita unik di Jum'at ini . Bertepatan khotamnya tilawah saya, ada orang bagi-bagi makanan di mushola. Ya ...keberuntungan bisa makan ayam bakar sekaligus udah gak ada tanggungan. Karna rutinitas wajib saya setiap bulan sudah terpenuhi. Di ingat-ingat saya rutinkan Binnazdoran mulai tahun lalu.Biasanya satu juzd ba'da sholat dan bisa 2x khotam perbulan nya. Bagi kalian yg mau mencoba saya sarankan dimulai one day-one juzd dulu . Untuk melumaskan lidah ,biar gak kaget.


Sambil menunggu orang-orang selesai sholat Jum'at, saya dan istri ustadz duduk di teras kamar. Ya ngobrol ala emak-emak . masalah baju, pasar, makanan , susahnya ngurus baby , yah begitu-begitulah. Saya anggap sebagai ilmu tambahan ,Krn saya sendiri masih gadis belum berkeluarga🤦🏻‍♀️.


Bicara tentang masalah , segala sesuatu di dunia ini adalah masalah. Bahkan kelahiran, kematian , pernikahan, pekerjaan, harta ,tahta ,jabatan ,dan omongan tetangga itu hakikatnya semua adalah masalah. 

Kok bisa? 

Yo bisa ..

Lha kita lahir saja nyusahin orang kok! Terutama Nyusahin emak. Beliau sampai harus mempertaruhkan nyawanya untuk kita. Pas sudah besar, jangankan hormat dan membahagiakan ..eehh malah membangkang! Nauzubillah... ‼️


💢Tapi yg bikin unik di Jum'at ini bukan tentang ayam bakar nya . Tapi pertemuan saya dengan Om Bahar beliau sudah tua ,mungkin usia 50tahunan. Saya panggil om karna di Papua cara manggil nya pakai istilah 'Kakak' untuk yg masih muda dan 'Om' untuk menghormati yg lebih tua dari kita. Kalau Pace, Mace,patua,maytua itu istilah khas juga ,di gunakan untuk menyebut suami/ istri . Nah Om Bahar ini profesi nya njahit. Kalau ada orderan ya di jahit ,kalau sedikit orderan biasanya sering ke masjid .hehe biasalah manusiawi !


Dari teras kamar saya berjalan menghampiri Om Bahar yg duduk santai sambil makan ayam bakar .saya sengaja samperin toh, biar gak canggung dan gak dikira sombong. 


"Waduh ..Om Bahar makan ayam santai sekali ya , kayak gak punya beban hidup .." sapa saya 


"Walah ustadzah.. iya toh, makan ya tinggal makan saja kenapa mikir beban hidup . Saya ini orangnya santai .bahkan saya mungkin manusia paling santai. Saya gk mau ambil pusing. ...

Ada masalah apapun ya santai. Kalau semua masalah kita pikirkan , makan sambil mikir, duduk sambil mikir .. hidup ini gk akan ada indahnya...dan ..bla...bla..bila...(masih banyak ceramahnya guys!'.


Walah-walah ...

Pertanyaan nya simple , jawaban nya seumbruk. Persis soal bahasa Indonesia‼️


Tapi yg di katakan Om Bahar itu ada betulnya juga. Kita hidup kalau hanya memikirkan masalah di setiap detiknya, ya kita gak akan merasakan bahagia. Isinya suuusaaahhhh terus.... Apalagi kalau 'over thinking' , berfikir berlebihan dalam setiap hal. Bahkan kita sering lihat orang yg makan nya gk teratur, tubuhnya kurus , badan nya lesu ,auranya kelam kan? wahh ..pokoknya kayak gk punya semangat hiduplah. Istilah nya *"HIDUP TAK MAMPU ,MATIPUN TAK MAU"*


Orang-orang seperti ini biasanya gak akan bisa menikmati hidupnya. Gak akan mampu bersyukur, dan gak akan peduli masa depan. Mereka hanya terpaku pada masalah yg sebenarnya bisa terselesaikan. Tapi karna over thinking tadi, mereka menganggap dunia akan runtuh kalau masalah itu tidak terpecahkan. Mereka menganggap diri mereka *PALING SIAL* dan bahkan gak sedikit lho yang memilih 'gantung diri' untuk menghindari masalah.


Nah dari ucapan Om Bahar tadi , ada beberapa kalimat yg bisa kita gunakan untuk menghentikan over thinking .yaitu *"DIBUAT SANTAI SAJA"*. Segala permasalahan sebesar apapun itu kalau kita menganggapnya kecil ,maka masalah itu akan kecil. Kalau kita menganggapnya besar,sekecil apapun masalah itu akan menjadi besar.


Mau ada masalah atau enggak yaudah santai aja 🤷🏻‍♀️. Santai tapi tetap mikir. Jangan _grusa-grusu_ !! Karna kalau kita gegabah bisa jadi membuat keputusan yg salah . Makanya prinsip 'Santai' itu harus kita tanamkan mulai sekarang. Biar apa? Biar setidaknya kita gak membebani orang sekitar kita . Sudah susah ,menyusahkan lagi! ( _sontoloyo..😂!!_)


Semboyan santai ini pun , sering kita dengar terutama dari artis tersohor Indonesia yakni Bang Haji Roma Irama . Kalau gak salah

didalam lagunya ada lirik "Yuk kita santai biar otot tidak tegang.... Telotet..telolet..." Kira-kira begitu nadanya (hehe.. ). Dan bukan hanya itu, dalam dunia medis pun semboyan santai ini juga sering digunakan . Biasanya untuk merefleksi tubuh agar lebih rileks. Agar pasien dapat lebih menenangkan dirinya dari masalah dan depresi yg dia alami.


Sebagai hamba Allah, dalam kehidupan di dunia ,manusia tentu tidak akan luput dari berbagai cobaan. Oleh sebab itu Allah Ta'ala memberikan petunjuk-Nya lebih Al-Qur'an yang mulia.

_☄️_____________________

Allah Ta’ala berfirman,


وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ


_“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (Qs Al Anbiya’: 35)_


  *✅Ibnu Katsir berkata,* _“Makna ayat ini yaitu: Kami menguji kamu (wahai manusia), terkadang dengan bencana dan terkadang dengan kesenangan, agar Kami melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang ingkar, serta siapa yang bersabar dan siapa yang beputus asa.” (Tafsir Ibnu Katsir, 5/342, Cet Daru Thayyibah)_


🏷️Nah dari ayat ini jelas, bahwa solusi dari masalah itu sendiri adalah *'SYUKUR DAN SABAR'* . Bersyukur dengan yang kita miliki , bersabar dengan masalah yang sedang dihadapi. Ya bisa dibilang 'SANTAI' itu tadi. Apapun masalahnya ,kalau kita pegang teguh dua solusi tersebut , dan yakin bahwa semua akan kembali kepada Allah Ta'ala ,maka hati kita pun akan lebih tetram dan damai. Hakikatnya, karna kita percaya bahwa segala sesuatu di dunia iini karna kehendak Allah, maka penyelesaian masalah itupun pasti dari Allah juga. Tapi bukan berarti gak ikhtiar lho ya!


Makanya... mari kita lebih membuka pintu dari masalah tersebut. Analoginya , semua yg akan terjadi pada kita itu bisa terjadi . Tapi bagaimana kita menyikapinya itulah poin utamanya. Mau masalah eumbruk apapun, kalau kita menyikapinya dengan santai ..yaudah.. BERES..!! Gak perlu ribet... Gak perlu tergesa-gesa ...ataupun pusing tujuh keliling. Karna kita ,sudah membuat benteng tersendiri dari masalah tersebut.  


Oke..!! Semoga tulisan ini bermanfaat ,boleh di share asalkan nggk copyright ! 💢

.

.

.


🔥Salam hangat

      Penulis 

_@Sellyna_Saputri_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA

 Share,read 5 menit! 🌹 *"WANITA TETAPLAH WANITA"*🌹 ................................... Sekuat apapun dan secerdas apapun wanita,...